Minggu, 04 November 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 31102012

Menyalati Jenazah
 
( lanjutan ..................................
Lafal Doa yang Dibaca untuk Mayat
         
Lafal doa apapun yang ditujukan kepada mayat dipebolehkan. Meskipun demikian, kita dianjurkan untuk mengikuti doa yang diajarkan Rasulullah SAW., diantaranya adalah :
 
     Dari Abu Hurairah ra, ia berkata, Rasulullah SAW., melaksanakan shalat jenazah, membaca doa,
 
       "Ya Allah ampunilah orang yang masih hidup dan yang sudah meninggal, di antara kami, orang yang kecil dan yang besar di antara kami, yang lelaki dan yang perempuan di antara kami, yang hadir yang tidak hadir. Ya Allah, siapapun yang masih hidup di antara kami, hidupkanlah ia dengan iman. Siapa yang (akan) meninggal di antara kami, maka matikanlah ia dalam iman. Ya Allah, janganlah Engkau menghalangi pahalanya untuk kami dan jangan pula Engkau sesatkan kami sesudahnya"
HR. Ahmad, Tirmidzi, Nasa'i, abu Daud dan Ibnu Majah
 
Jika jenazah yang dishalati masih belum baligh, maka orang yang melakukan shalat hendaknya membaca,
 
            "Ya Allah, jadikanlah ia sebagai pendahulu bagi kami dan simpanan (kabaikan)".  HR. Bukhari dan Baihaki
 
Imam Nawawi berkata, jika jenazah yang dishalati belum baligh baik lelaki maupun perempuan, maka cukup dengan membaca doa sebagaimana di atas, dan setelah selesai ditambah dengan doa berikut,
 
            "Ya Allah, jadikanlah ia pahala yang mendahului orang tuanya, simpanan, nasihat, pelajaran dan pemberi syafaat bagi mereka berdua. Beratkan timbangan amal mereka dengannya, penuhi hatinya dengan kesabaran, janganlah Engkau menimpakan cobaan kepada mereka setelah kepergiannya dan janganlah engkau halang-halangi pahala bagi mereka".
 
( berlanjut ..................................
Fiqih Sunnah®

Tidak ada komentar: