Selasa, 02 Agustus 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 29072011


1.    Dari Abu Hurairah ra., ia berkata Rasulullah SAW berkhutbah dihadapan kami diamana beliau bersabda : "Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah telah mewajibkan haji atas kalian maka berhajilah kalian". Ada seorang laki-laki bertanya : "Apakah setiap tahun, wahai Rasulullah ?". Beliau terdiam, sehingga laki-laki itu mengulangi pertanyaannya sampai tiga kali, kemudian Rasulullah SAW bersabda : "Apabila aku mengatakan Ya, maka berarti menjadi wajib, sedangkan kamu tidak akan mampu mengerjakannya". Beliau terus bersabda : "Tinggalkanlah apa yang tidak aku perintahkan, karena sesungguhnya orang-orang (umat) sebelum kamu itu binasa karena banyak pertanyaan (yang mereka ajukan) dan perselisihan mereka terhadap Nabi-nabi mereka (tidak mau taat dan patuh). Maka apa saja yang aku perintahkan kepadamu, maka kerjakanlah semampu kamu, dan apabila saya melarang kamu atas sesuatu maka tinggalkanlah".
(HR.  Muslim)
 
2.    Dari Abu Hurairah ra., ia berkata : Nabi SAW pernah ditanya : "Amal perbuatan apakah yang paling utama ?". Beliau menjawab : "Iman kepada Allah dan Rasul-Nya". Ia bertanya : "Kemudian apa ?"., Beliau menjawab : "Jihad di jalan Allah". Ia bertanya lagi : "Kemudian apa ?". Beliau menjawab : "Haji yang Mabrur".
      (HR. Bukhari dan Muslim)
 
3.    Dari Abu Hurairah ra., ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : "Barangsiapa yang mengerjakan haji kemudian ia tidak berkata kotor dan tidak melakukan kefasikan, maka ia kembali (bersih) seperti saat dilahirkan oleh ibunya".
(HR. Bukhari dan Muslim)
 
 
[Riyadhus Shalihin®]

Tidak ada komentar: