Selasa, 25 Oktober 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 24102011

ANTARA  SURGA  DAN  NERAKA
 
Diriwayatkan dari Abu Said  r.a katanya : Rasulullah SAW pernah bersabda : Pada Hari Kiamat Kelak maut didatangkan seperti kibas elang (Abu Kuraib menambah didalam riwayatnya : Lalu dihentikan antara Surga dan Neraka. Mereka sepakat pada baki hadits). Kemudian diseru : Wahai penghuni Surga!  Adakah kamu kenal siapa ini ?. Mereka mendongak dan memandang lalu berkata : Ya !  Itu adalah maut. Kemudian diseru pula : Wahai ahli Neraka!  Adakah kamu kenal siapa ini ? Mereka mendongak dan memandang lalu menjawab : Ya ! Itu adalah maut. Kemudian diperintahkan supaya maut disembelih dan menyeru : Wahai ahli Surga ! Kamu tetap kekal dan tidak akan mati. Wahai ahli Neraka !  Kamu juga tetap kekal dan tidak akan mati. Kemudian Rasulullah SAW membaca ayat yang bermaksud : Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, atau ketika segala perkara telah diputus dan mereka dalam kelalaian serta tidak beriman. Kemudian baginda menunjuk ke arah dunia dengan tangan. (HR. Bukhari)
Syarah/Penjelasan :
            Keabadian kehidupan manusia di dunia adalah hal yang mustahil terjadi, karena semua yang ada di dunia ini bersifat fana, rusak dan sementara. Walaupun manusia sekuat tenaga dengan berbagai macam cara termasuk cara ilmu mistik (sihir) itu tidak akan pernah berhasil, jalan mistik atau sihir untuk mendapatkan keabadian hanya sia-sia. Manusia hanya akan mendapatkan keabadian ketika dia sudah memasuki alam akhirat, entah dia masuk surga atau neraka.
Surga adalah tempat yang penuh dengan kenikmatan yang tak terbayangkan. Segala macam bentuk kenikmatan duniawi tidak akan bisa menandingi kenikmatan surga. Apapun yang diinginkan oleh para penghuni surga semuanya telah tersedia, bahkan untuk laki-laki disediakan bidadari-bidadari cantik yang siap melayani dengan penuh cinta. Sedangkan neraka adalah tempat yang penuh siksaan dan penderitaan hidup. Semua bentuk siksaan tersakit tersedia disini, teriakan dan jeritan manusia yang sedang disiksa adalah irama yang selalu terdengar dineraka. Siksaan yang didapat orang durhaka dan orang-orang kafir dineraka teramat sakit untuk dibayangkan.
Surga dan neraka yang ada di alam akhirat itu bersifat abadi, kekal dan tidak ada kerusakan. Diakhirat kelak orang yang beriman dan beramal shaleh akan mendapatkan balasan surga seperti digambarkan dalam surat al-Imran ayat 198 : "Akan tetapi orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya, bagi mereka surga yang mengalir sungai-sungai didalamnya, sedang mereka kekal didalamnya sebagai tempat tinggal (anugerah) dari sisi Allah, dan apa yang disisi Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang berbakti". (QS. Al-Imran [3] : 198).
Sedang untuk orang kafir Allah menggambarkan mereka akan dimasukkan kedalam api neraka yang menyala. "Sesungguhnya Allah melaknati orang-orang kafir dan menyediakan bagi mereka api yang menyala-nyala (neraka). Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya; mereka tidak memperoleh seorang pelindungpun dan tidak (pula) seorang penolong". (QS. Al-Ahzab [33] : 64-65).
 
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: