Kamis, 27 Oktober 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Shubuh 27102011

Berangkat dari Arafah dan Shalat di Muzdalifah
 
712.    Bersumber dari Kuraib mengatakan bahwa dia bertanya kepada Usamah bin Zaid ra, "Apa yang kau lakukan saat kau di bonceng oleh Rasulullah SAW pada petang hari Arafah ?". Usamah menjawab . "Kami datang kecelah bukit yang disitu banyak orang berhenti untuk melakukan Shalat Maghrib. Maka Rasulullah SAW menghentikan ontanya kemudian beliau buang air kecil (Usamah tidak menceritakan apakah Rasulullah menuangkan air). Kemudian beliau meminta wadah berisi air, lalu beliau berwudhu secukupnya. Maka, aku tanyakan 'Ya Rasulullah ! Apakah kita shalat Maghrib sekarang ?'. Beliau menjawab, 'Kita shalat didepan sana saja (nanti saja)'. Beliau kemudian naik kendaraan hingga kami tiba di Muzdalifah, lalu beliau melakukan shalat Maghrib. Setelah itu orang-orang berhenti ditempat mereka masin-masing dan mereka tidaklah istirahat (tidur) hingga mereka melakukan shalat Isya'. Setelah shalat Isya', mereka beristirahat (tidur)". Aku tanyakan, "Apa yang kamu tanyakan setelah pagi ?". Usamah menjawab, "Rasulullah membonceng Fadhal bin Abbas, sedangkan aku berjalan kaki dan ditengah-tengah orang Quraisy dengan saling mendahului".
(Muslim 4/74)
 
 
Cara Berjalan Ketika Berangkat dari Arafah
 
713.    Bersumber dari Urwah berkata, "Usamah ditanya, sedangkan aku menyak-sikannya (atau Urwah mengatakan : Aku bertanya kepada Zaid) karena dia dibonceng oleh Rasulullah SAW dari Arafah, 'Bagaimana cara berjalan Rasulullah ketika berangkat dari Arafah ?'. Usamah menjawab, 'Beliau berjalan dengan cepat. Apabila beliau mendapatkan tempat yang lapang (tidak terjal), maka beliau berhenti sejenak (beristirahat)'".
            (Muslim 4/74)
 
 
Shalat Maghrib dan Isya' di Muzdalifah
 
714.    Bersumber dari Ibnu Umar ra mengatakan bahwa Rasulullah SAW menjamak shalat Maghrib dabn Isya' tanpa disela oleh shalat lainnya (di Muzdalifah). Beliau melakukan shalat Maghrib tiga rakaat, dan shalat Isya' dua rakaat. Abdullah bin Umar juga menjamak shalat seperti itu sampai dia meninggal.
 
Shalat Maghrib dan Isya' di Muzdalifah
dengan Satu Kali Iqamat
 
715.    Bersumber dari Sa'id bin Jubair ra mengatakan bahwa mereka berangkat bersama Ibnu Umar sehingga mereka menjamak shalat. Ibnu Umar menjamak Shalat Maghrib dan Isya' bersama mereka dengan sekali Iqamat. Setelah shalat dia berpaling lalu mengatakan, "Demikian Rasulullah SAW mengerjakan shalat bersama kami di tempat ini".
            (Muslim 4/75)
 
Ringkasan Shahih Muslim®

Tidak ada komentar: