Jumat, 28 Oktober 2011

Pmbacaan Hadits Ba'da Maghrib 27102011


YANG  KEKAL  HANYALAH  AMALAN
 
Diriwayatkan dari Anas bin Malik r.a katanya : Rasulullah SAW bersabda : Tiga perkara yang akan mengikuti mayat dan dua darinya akan pulang. Hanya satu saja  yang akan bersamanya dalam kubur. Perkara tersebut ialah : kaum kerabat, harta benda dan amalannya. Semua kaum kerabat dan harta bendanya akan pulang, manakala yang kekal bersamanya ialah amalannya.  (HR. Bukhari)
Syarah/Penjelasan :
            Dari tiga perkara yaitu : kaum kerabat, harta benda dan amalan. Dua diantaranya yaitu kaum kerabat dan harta benda akan ditinggal sewaktu seorang manusia meninggal dunia. Sedangkan yang akan dia bawa hanya amal perbuatan dia sewaktu dia hidup, apakah itu perbuatan baik ataupun perbuatan buruk. Banyak diantara manusia yang tidak menyadari seperti hal tersebut diatas. Dia hanya sibuk menumpuk harta kekayaannya, setiap hari yang dia pikirkan bagaimana mendapatkan harta sebanyak mungkin. Sehingga dia lupa untuk berbuat bak, selain itu dia sangat mementingkan keluarganya, memang mementingkan keluarga adalah hal yang baik. Tapi ketika kepentingan keluarga lebih diutamakan sehingga membuat dia berbuat hal-hal yang buruk, ini yang salah. Harta dan keluarga tidak akan bisa menemani manusia, ketika manusia meninggal dunia. Hanya amal perbuatan yang menemani. Untuk itu hendaklah seorang Muslim lebih mengu-tamakan untuk melakukan amal-amal shaleh agar mendapatkan surga yang penuh kenikmatan.
            "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan".  (QS. Lukman [31] : 8)
 
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: