Kamis, 27 Oktober 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 26102011


KEHIDUPAN YANG  KEKAL ABADI ADALAH AKHIRAT
 
Diriwayatkan dari Sahl bin Sa'ad  r.a katanya : Rasulullah SAW telah mendatangi kami ketika kami sedang menggali parit dan memunggah pasir dengan memikulnya, lalu Rasulullah SAW bersabda : Ya Allah! Tidak ada kehidupan yan kekal sama sekali kecuali kehidupan di Akhirat, karena itu ampunilah orang-orang Muhajirin dan Anshar.  (HR. Bukhari)
Syarah/Penjelasan :
            Kehidupan akhirat yang kekal harus dipersiapkan secara maksimal, dengan cara menghindarkan perbuatan-perbuatan dosa dan mengerjakan amal-amal shaleh. Karena dengan jalan seperti itulah pintu surga akan terbuka lebar untuk kita. Tapi biasanya sebagai manusia kita tidak bisa luput dari kesalahan dan berbuat dosa. Kalau sudah pernah melakukan perbuatan maksiat yang membuat kita men-dulang dosa maka secepatnya kita bertobat. Dengan begitu kita akan merasakan kekekalan diakhirat dengan penuh kenikmatan seperti yang sudah dijanjikan Allah SWT.
            Dan apa saja yang diberikan kepada kamu, Maka itu adalah kenikmatan hidup duniawi dan perhiasannya; sedang apa yang disisi Allah adalah lebih baik dan lebih kekal. Maka apakah kamu tidak memahaminya ?.  (QS. Al-Qashash [28] : 60).
            Ayat diatas memberikan memberikan peringatan, bahwa banyak diantara manusia yang tidak memahami pentingnya kehidupan akhirat yang kekal. Mereka lebih suka dengan kenikmatan duniawi yang sementara. Padahal kehidupan akhirat lebih nikmat dan kekal selamanya.
 
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: