Senin, 26 Desember 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Isya 25122011

Anjuran Membaca Doa dan Istirja' Ketika
Mendengar Orang Meninggal
 
 
Bagi orang yang beriman, dianjurkan untuk membaca doa dan mengucapkan kalimat  istirja' (Inna lillahi Wa Inna ilaihi raji'un) ketika mendengar salah satu anggota keluarganya meninggal dunia. Berikut ini beberapa hadits Rasulullah SAW yang menganjurkan hal tersebut :
 
            Imam Ahmad dan Muslim meriwayatkan dari Abu Salamah. Dia berkata, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah seorang Muslim tertimpa sesuatu, kemudian mengucapkan, Inna lillahi Wa Inna ilahi Raji'un (kami semua milik Allah dan kepada-Nya kami akan dikembalikan). Ya Allah berilah pahala, atas musibah yang menimpaku, dan berilah ganti yang lebih baik darinya; kecuali Allah SWT memberi pahala atas musibah yang menimpanya dan memberi ganti yang lebih baik darinya, yaitu Rasulullah".
            (HR. Muslim).
 
            Imam Tirmidzi meriwayatkan dari Abu Musa al-Asy'ari, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Jika anak Adam meninggal dunia, Allah berfirman kepada Malaikat, 'Engkau telah mengambil nyawa anak hamba-Ku ?!'. Malaikat menjawab, 'Iya'. Allah berfirman kepadanya, 'Engkau telah mencabut nyawa buah hatinya ?!'. Malaikat menjawab, 'Iya'. Allah SWT berfir-man, 'Lantas apa yang ia ucapkan ?'. Malaikat menjawab, 'Ia memuji-Mu dan membaca Inna lillahi Wa Inna ilaihi Raji'un'. Allah SWT lantas berfirman, "Bangunkan untuk hamba-Ku sebuah gedung di surga dan berilah nama dengan Baitul Hamd (gedung pujian)' ".
            Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan.
 
            Dalam kitab Imam Bukhari disebutkan hadits Qudsi, Abu Hurairah berkata, Rasulullah SAW bersabda, Allah SWT berfirman, "Tidaklah orang yang beriman dan hamba-Ku yang bersabar ketika orang yang di cintai didunia Aku ambil nyawanya kecuali baginya adalah surga". (HR. Bukhari)
 
            Ibnu Abbas berkata terkait dengan firman Allah SWT... "(Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan "Inna lillahi Wa inna ilaihi Raji'un". Mereka itulah yang mendapat keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk". (Al-Baqarah [2] : 156-157)
 
Dia berkata, Allah memberitahukan kepada kepada kita bahwasanya orang yang beriman kepada Allah SWT tatkala ditimpa suatu musibah, kemudian ia mengembalikan semuanya kepada Allah SWT dan membaca istirja', maka Allah SWT akan memberinya tiga kebaikan, yaitu : keberkahan, rahmat dan petunjuk.
 
Fiqih Sunnah®

Tidak ada komentar: