Senin, 26 Desember 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Isya 26122011

Anjuran Memberitahukan atas Kematian Seseorang
Kepada Sanak Keluarganya.
 
 
Para ulama menganjurkan untuk memberitahu keluarga yang meninggal dunia, sanak kerabat, teman-temannya dan orang-orang saleh agar mereka ikut mengurusnya dan mendapat balasan kebaikan dari Allah SWTatas apa yang telah dilakukannya.
 
Abu Hurairah berkata, bahwasanya Rasulullah SAW mengumumkan kematian raja Najasyi kepada penduduk setempat atas kematiannya. Beliau keluar bersama mereka menuju masjid, meluruskan barisan mereka dan takbir empat kali. (Maksudnya : Rasulullah SAW mengajak mereka untuk menshalatinya).
 
            Imam Ahmad dan Bukhari
 
            Ibnu Abbas berkata terkait dengan firman Allah SWT... "(Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan "Inna lillahi Wa inna ilaihi Raji'un". Mereka itulah yang mendapat keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk". (Al-Baqarah [2] : 156-157)
 
Dia berkata, Allah memberitahukan kepada kepada kita bahwasanya orang yang beriman kepada Allah SWT tatkala ditimpa suatu musibah, kemudian ia mengembalikan semuanya kepada Allah SWT dan membaca istirja', maka Allah SWT akan memberinya tiga kebaikan, yaitu : keberkahan, rahmat dan petunjuk.
 
Fiqih Sunnah®

Tidak ada komentar: