Sabtu, 31 Desember 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Shubuh 30122011

Makanan untuk Dua Orang, Dicukupkan
untuk Tiga Orang
 
1310.  Bersumber dari Abu Hurairah ra., ia berkata, "Rasulullah SAW bersabda, 'Makanan untuk dua orang dicukupkan untuk tiga orang, dan makan untuk tiga orang dicukupkan untuk empat orang'"
            (Muslim VI : 132)
 
1311.  Bersumber dari Jabir  bin Abdullah ra., ia mengatakan, "Saya pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, 'Makanan untuk satu orang dicukup-kan untuk dua orang, makanan untuk dua orang dicukupkan untuk empat orang, dan makanan untuk empat orang dicukupkan untuk delapan orang'".
            (Muslim VI : 132)
 
 
Orang Mukmin Makan dengan Satu Usus,
Sedangkan Orang Kafir Makan dengan Tujuh Usus
 
1312.  Bersumber dari Jabir (bin Abdullah) dan Ibnu Umar ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Orang mukmin itu makan dengan satu usus, sedangkan orang kafir makan dengan tujuh usus".
            (Muslim VI : 133)
 
1313.  Bersumber dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah SAW pernah kedatangan seorang tamu kafir, lalu beliau minta supaya disediakan seekor kambing untuk tamu tersebut. Kemudian kambing tersebut diperah, lalu tamu itu meminum susu perahannya. Kemudian diperahkan kambing lain (lagi), lalu tamu itu minum (lagi), sehingga tamu tadi minum susu yang diperah dari tujuh ekor kambing. Kemudian pada pagi harinya, dia menyatakan masuk Islam, lalu Rasulullah SAW memerintahkan agar disediakan seekor kambing agar orang tersebut diperahkan seekor kambing lagi, tetapi dia tidak sanggup menghabiskannya, kemudian Rasulullah SAW bersabda, "Orang mukmin minum dengan satu usus (lambung), sedangkan orang kafir minum dengan tujuh usus (lambung)".
            (Muslim VI : 133)
 
Ringkasan Shahih Muslim®

Tidak ada komentar: