Selasa, 03 Januari 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Isya 03012012

Balasan bagi Orang yang Anaknya
Meninggal Dunia
 
Ada beberapa hadits Rasulullah SAW yang menjelaskan balasan bagi orang yang diuji Allah SWT dengan diambilnya anak yang disayanginya.
 
1.    Imam Bukhari meriwayatkan dari Anas ra., bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah manusia dari umat Islam yang telah meninggal dunia tiga anaknya yang belum pernah melakukan maksiat kecuali Allah SWT akan memasukkan ke dalam surga atas rahmat dan keutamaan-Nya bagi mereka". (HR. Bukhari).
 
2.    Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah ra., bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Siapapun diantara para wanita yang ditinggal mati oleh tiga anaknya, maka mereka akan menjadi penghalang dari neraka". (HR. Bukhari).
 
Seorang perempuan bertanya, bagaimana kalau yang meninggal dua ?. "Termasuk bagi yang ditinggal dua anaknya". Jawab Rasulullah SAW.
 
 
Usia Rata-rata Umat Rasulullah
 
            Imam Tirmidzi meriwayatkan dari Abu Hurairah, ia berkata bahwasanya Rasulullah SAW, bersabda, "Usia umatku adalah antara enam puluh sampai tujuh puluh, dan jarang sekali di antara mereka yang melebihi dari itu".
(HR. Ibnu Majah)
 
Fiqih Sunnah®

Tidak ada komentar: