Minggu, 01 Januari 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Shubuh 01012012

Bumbu yang Paling Enak Adalah Cuka
 
1315.  Bersumber dari Thalhah bin Nafi', bahwa ia pernah mendengar Jabir bin Abdullah ra., berkata, "Pada suatu hari Rasulullah SAW menggandeng tangan saya diajak kerumah beliau. Kemudian pelayan beliau menghidang-kan beberapa potong roti, lalu beliau bertanya, 'Mana bumbunya ?'. Para sahabat yang hadir saat itu menjawab, 'Tidak ada, melainkan sekedar cuka yang tinggal sedikit'. Lantas beliau bersabda, 'Cuka adalah bumbu yang paling enak' ". Kemudian Jabir melanjutkan, "Maka saya selalu menyukai cuka sememnjak saya mendengarnya dari Nabi SAW". Thalhah bin Nafi' mengatakan, "Saya senantiasa menyukai cuka semenjak saya dari Jabir ra".
            (Muslim VI : 125)
 
 
Makan Kurma Sambil Berjongkok
 
1317.  Bersumber dari Anas bin Malik ra., ia mengatakan, "Rasulullah SAW pernah diberi tamar, lalu beliau segera membagi-bagikannya sambil berjongkok dengan memakan sebagiannya dengan sangat lahap". Dalam riwayatnya yang lain (disebutkan), "Saya pernah melihat Nabi SAW berjongkok sambil makan tamar".
            (Muslim VI : 122)
 
Ringkasan Shahih Muslim®

Tidak ada komentar: