Selasa, 03 Januari 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 02012012

AKAN DATANG SUATU ZAMAN ORANG
MEMBACA AL-QUR'AN SEPERTI MENGALUNKAN LAGU
 
Al-qur'an dibaca dengan lisan dan irama orang Arab, hati-hatilah kalian terhadap lisan orang-orang yang merayu, dan lisan ahli dua Kitab (Taurat dan Injil). Karena sesungguhnya kelak sesudah itu akan datang suatu kaum, mereka membaca Al-qur'an seperti orang yang mengalunkan lagu dan jeritan; padahal Al-qur'an tidak sampai melewati tenggorokan mereka (tidak meresap kedalam hati mereka), kalbu mereka telah dirasuki oleh fitnah, dan demikian para keadaan oran-orang yang mengagumi mereka.
(Riwayat  Hudzaifah)
 
Syarah/Penjelasan :
            Ciri-ciri Al-qur'an ialah dibaca dengan lisan dan irama orang Arab. Membaca Al-qur'an diharuskan memakai hal itu dan tidak boleh dengan cara lainnya. Yurajji'uunal qur aana, mereka membaca Al-qur'an. Kelak sesudah Nabi SAW wafat akan muncul kaum yang pandai membaca Al-qur'an dengan bacaan seperti nyanyian dan rintihan, akan tetapi Al-qur'an tidak sampai melewati tenggorokan mereka.
Makna yang dimaksud ialah bahwa hidayah Al-qur'an tidak sampai ke dalam lubuk hati mereka, karena kalbu mereka telah terisi penuh oleh fitnah. Bukan hanya mereka saja yang diancam oleh hadits ini, bahkan orang-orang yang mengagumi  mereka pun sama dengan mereka, maksudnya para pengikut mereka disamakan dengan mereka. Hadits ini menceritakan tentang apa yang akan terjadi sesudah Nabi SAW wafat. Kaum yang disebutkan dalam hadits ini identik dengan kaum Khawarij dan semua sektenya.
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: