Senin, 18 Juli 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 15072011

DOA  KETIKA  MELIHAT  HILAL
1.         Dari Talhah bin Ubaidillah ra. Bahwasanya Nabi SAW apabila melihat hilal (bulan terbit), beliau membaca : "ALLAAHUMMA  AHILLAHU  'ALAINAA BIL AMNI WAL  IIMAANI WAS SALAAMATI  WAL ISLAMII. RABBI  WARABBUKALLAAHU  HILAAHU  RUSYDIN  WAKHAIR (Ya Allah, terbitkanlah bulan itu kepada kami dengan sentosa, iman, selamat dan Islam. Tuhanku dan Tuhanmu  adalah Allah, semoga hal ini membawa petunjuk dan kebaikan)."
  (HR. Turmudzi)
 
KEUTAMAAN  SAHUR
1.    Dari Anas ra, ia berkata : Rasulullah saw. bersabda : "Makan sahurlah kalian, karena sesungguhnya didalam makan sahur itu terdapat berkah".
(HR. Bukhari dan Muslim).
 
2.    Dari Zaid bin Tsabit ra., ia berkata : "Kami makan sahur bersama-sama dengan Rasulullah SAW. kemudian kami melaksanakan shalat (Subuh). Ada seseorang bertanya : "Berapa lama antara sahur dengan shalat (Subuh) itu ?". Ia menjawab : "(Kira-kira) bacaan 50 ayat".
 (HR Bukhari dan Muslim)
 
3.    Dari Ibnu Umar ra., ia berkata : 'Rasulullah SAW. ia mempunyai tukang azan dua orang yaitu Bilal dan putera Ummu Maktum'. Rasulullah SAW bersabda : "Sesungguhnya Bilal itu mengumandangkan azan pada waktu malam, maka makan dan minumlah kalian sampai putera Ummu Maktum mengumandangkan azan. Dan jarak kedua azan itu hanya sekedar turunnya yang pertama dan naiknya yang kedua".
(HR Bukhari dan Muslim)
 
4.    Dari Amr bin Ash ra. bahwasanya Rasulullah SAW bersabda : "Kelebihan puasa kami dan puasa ahli kitab adalah adanya makan sahur".
(HR Muslim)
 
 

Tidak ada komentar: