Senin, 18 Juli 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Shubuh 16072011

BERPUASA   DAN   BERBUKA   DALAM  SAFAR
596.    Bersumber dari Ibnu Abbas ra, dia berkata, "Rasulullah SAW pernah safar (bepergian) di bulan Ramadhan sembari berpuasa. Sampai di daerah 'Usfan(*)' beliau masih bertahan. Tetapi selepas dari daerah tersebut, beliau minta diambilkan segelas minuman, lalu kemudian beliau minum disiang hari agar diperhatikan oleh para sahabat. Kemudian beliau terus berbuka sampai masuk kota Mekkah". Ibnu Abbas melanjutkan, "Sehari beliau berpuasa dan sehari berikutnya beliau berbuka. Maka barangsiapa yang ingin berpuasa, silahkan dia berpuasa. Dan, siapa saja yang ingin berbuka, silahkan dia berbuka".
(*)Usfan adalah suatu kota yang letaknya sekitar 30 mil dari Mekkah
 (Muslim III:141)
 
597.    Berasal dari Jabir bin Abdullah ra, bahwa Rasulullah SAW pada fathu Mekkah, beliau keluar dari Mekkah di bulan Ramadhan dalam keadaan berpuasa. Beliau masih kuat mempertahankan puasanya dengan beberapa sahabat hingga sampai didaerah Kura' al-Ghamin(*). Namun sesudah itu, beliau minta diambilkan segelas air. Kemudian beliau mengangkat gelas tersebut tinggi-tinggi supaya para sahabat melihatnya, lalu beliau meminumnya. Setelah itu beliau mendapatkan informasi bahwa sebagian sahabat tetap berpuasa. Kemudian beliau bersabda, "Merka itu adalah orang-orang yang kurang ta'at. Merka itu adalah orang-oang yang kurang ta'at (**)".
(**) Kura' Al-Ghamin adalah suatu danau yang terletak didepan kota Asafan
(Muslim III:141-142)
 
TIDAK  TERMASUK  KEBAIKAN  BERPUASA  DALAM  SAFAR
598.    Bersumber dari Jabir bin Abdullah ra, ia menuturkan, "Adalah Rasulullah SAW dalam safar melihat orang dikerumuni banyak sahabat hingga hampir dia tidak dikenali (***). Lalu beliau bertanya, 'Ada apa dengannya ?'. Para Sahabat menjawab, 'Dia adalah orang (yang ngotot) berpuasa (meskipun sudah tidak mampu)'. Kemudian beliau bersabda, 'Tidaklah termasuk perbuatan kebaikan kalian berpuasa dalam safar'".
(***) Maksudnya mereka menaungi dengan satu penutup dari terik matahari. Atau mereka melindunginya dari terik matahari dengan menutupi kepalanya dari sisi-sisinya.
 (Muslim III:142)

Tidak ada komentar: