Kamis, 22 Desember 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Isya 21122011

Sesuatu yang Disunnahkan agar Dilakukan
saat Menghadapi Sakaratul Maut
 
 
3.         Membacakan Surat Yasin.
            Imam Ahmad, Abu Daud, Nasa'i, Hakim dan Ibnu Hibbanmeriwayatkan dari Ma'qal  bin Yasar bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Yasin adalah jantungnya Al-Qur'an. Tidaklah seseorang membacanya dengan mengharap ridha Allah SWT kecuali ia akan diampuni. Dan bacakanlah surat Yasin kepada orang yang meninggal dunia diantara keluarga kalian".
            Ibnu Hibban berkata, "Maksud dari hadits Rasulullah SAW ini adalah diper-untukkan bagi orang yang dalam keadaan sakaratul maut, bukan orang yang sudah meninggal dunia".
            Pernayataan Ibnu Hibban juga diperkuat dengan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam musnadnya. Dari Syufyan ra., ia berkata beberapa syekh berkata, jika surat Yasin dibacakan bagi orang yang sedang dalam keadaan sakaratul maut, maka proses pencabutan nyawanya akan diper-mudah oleh Allah SWT. Penulis kitab Musnad al-Firdaus menyandarkan riwayat ini kepada Abu Darda' dan Abu Dzar, dimana mereka berkata,  Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah seseorang meninggal dunia, kemudian dibacakan kepadanya surat Yasin, kecuali Allah SWT akan meringankan baginya".
 
Fiqih Sunnah®

Tidak ada komentar: