Kamis, 22 Desember 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 21122011

SIFAT YANG DISUKAI DAN DIBENCI OLEH ALLAH
 
Ada dua macam akhlak yang disukai oleh Allah, dan dua akhlak yang dibenci oleh-Nya. Adapun dua akhlak yang disukai oleh Allah adalah dermawan dan berani. Adapun dua akhlak yang tidak disukai oleh-Nya adalah akhlak yang buruk dan kikir. Apabila Allah menghendaki kebaikan bagi seorang hamba, maka Dia menjadikannya sebagai amil yang selalu memenuhi keperluan-keperluan orang banyak.
(Riwayat  Baihaqi melalui Ibnu Amr Ibnul 'Ash)
           
Syarah/Penjelasan :
            Sifat yang paling disukai oleh Allah ialah dermawan dan pemberani, maka jadilah orang dermawan dan pemberani, dengan begitu anda akan memiliki perhias-an hidup. Selain itu orang yang mempunyai sifat dermawan dan pemberani sangat disukai oleh manusia. Sedangkan sifat yang tidak disukainya ialah berakhlak buruk dan kikir. Maka jauhilah dua sifat ini, karena dengan berakhlak buruk sama saja anda dengan menunjukkan pembangkangan terhadap Allah, selain itu sama saja anda ingin dibenci oleh sesama manusia. Begitupun dengan sifat kikir.
            Apabila Allah menghendaki kebaikan bagi seorang hamba, maka Dia menja-dikannya sebagai amil yang khusus menangani keperluan orang banyak. Dikatakan demikian karena setiap kali ia menolong seseorang pahalanya akan bertambah; makin banyak orang yang ditolongnya makin banyak pula pahalanya. Alangkah indahnya orang yang dijadikan amil oleh Allah untuk menolong banyak orang.
 
INDEKS Hadits & Syarah®
 
 

Tidak ada komentar: