Senin, 19 Desember 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Isya 18122011

Anjuran Berdoa dan (Mengajarkan) Berdzikir kepada
Orang yang Sedang Sakratul Maut
 
          Dianjurkan (bagi keluarga orang yang sedang dalam keadaan sakratul maut) untuk mendatangkan orang-orang saleh lalu berdoa dan berdzikir bersama kepada Allah SWT.
 
              Imam  Ahmad, Muslim, Tirmidzi, Nasa'i, Abu Daud dan Ibnu Majah me-riwayatkan dari Ummu Salamah dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Jika kalian mendatangi orang yang sakit atau orang yang meninggal dunia, hendaknya kalian mengucapkan perkataan yang baik karena sesungguhnya para Malaikat mengamini apa yang kalian ucapkan".
 
Ummu Salamah berkata, ketika Abu Salamah meninggal dunia, Ummu Salamah
mendatangi Rasulullah SAW, lalu berkata, dia berkata kepada beliau, "Wahai Rasulullah,  sesungguhnya Abu Salamah sudah meninggal dunia". Rasulullah SAW lantas bersabda, "Ucapkanlah, 'Ya Allah, ampunilah aku dan dia. Beri-lah ganti padaku sesuatu yang baik darinya' ". Ummu Salamah berkata, akupun mendapat ganti dari Allah SWT yang lebih baik dari Abu Salamah, yaitu Muhammad SAW.
(HR. Muslim)
 
              Dalam kitab Shahih Muslim, yang juga bersumber dari Ummu Salamah, ia berkata, Rasulullah SAW datang kerumah Abu Salamah ketika ia meninggal dunia. Beliau melihat mata Abu Salamah terbelalak lantas Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya apabila ruh dicabut, mata akan mengikutinya". Seketika itu, semua keluarganya menangisi kepergiannya. Lebih lanjut Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kalian berdoa untuk diri kalian kecuali yang bagus, karena sesungguhnya Malaikat meng-amini apa yang kalian ucapkan".
 
Setelah itu Rasulullah SAW berdoa, "Ya Allah, berilah ampunan kepada Abu
Salamah. Angkatlah derajatnya bersama orang-orang yang mendapatkan petunjuk.
Jadilah Engkau sebagai ganti atas keluarganya yang ditinggal. Ampunilah kami dan
dia, wahai Tuhan Semesta Alam. Lapangkanlah alam kuburnya dan berilah cahaya
di dalamnya".
(HR. Muslim)
 
Fiqih Sunnah®

Tidak ada komentar: