Sabtu, 24 Desember 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 22122011

SIFAT-SIFAT  YANG  UTAMA
 
Malu merupakan perhiasan, takwa merupakan kemuliaan; sebaik-baik kendaraan adalah sabar, dan menanti jalan keluar dari Allah SWT merupakan ibadah.
(Riwayat  Hakim melalui Jabir)
           
Syarah/Penjelasan :
            Sifat yang paling baik sebagai perhiasan diri seseorang ialah sifat malu, malu adalah manifestasi dari ajaran Islam, dengan mempunyai malu seorang Muslim akan menahan dirinya dari perbuatan-perbuatan dosa. Dan takwa itu akan mendatangkan kemuliaan bagi orang yang menyandangnya. Dengan bertakwa kepada Allah dia akan menjalankan semua perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Dia menjadi hamba yang selalu sami'na wa atha'na.
            Sebaik-baik kendaraan ialah sabar !. Baik sabar dalam menjalankan ibadah, dalam menghadapi cobaan hidup ataupun sabar dalam menghadapi rayuan setan untuk berbuat kesenangan duniawi yang akan melahirkan dosa. Sabar sebagai sesuatu yang abstrak diserupakan dengan suatu yang kongkrit, yaitu kendaraan; kedua-duanya dapat mengantarkan pelakunya kepada apa yang dicita-citakannya. Kemudian dalam kalimat selanjutnya diterangkan bahwa menunggu datangnya jalan keluar dari Allah SWT merupakan ibadah. Karena pada hakekatnya Allah yang menciptakan masalah, Dia jugalah yang menciptakan jalan keluar. Dalam menunggu jalan keluar yang diberikan Allah memerlukan kesabaran seperti yang diterangkan dalam kalimat sebelumnya.
 
INDEKS Hadits & Syarah®
 
 

Tidak ada komentar: