Senin, 19 Desember 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Shubuh 17122011

Berbaik Sangka Kepada Allah SWT
 
          Bagi orang yang sedang sakit, hendaknya ia selalu mengingat luasnya rahmat Allah SWT, dan terus berprasangka baik kepada Tuhannya. Imam Muslim meriwayatkan sebuah hadits yang berasal dari Jabir ra., Ia berkata, tiga hari se-belum Rasulullah wafat, aku mendengar beliau bersabda, "Janganlah salah seorang dari kalian meninggal dunia kecuali ia dalam keadaan berprasangka baik kepada Allah SWT".
(HR. Muslim)
            Hadits ini mengajarkan kepada kita agar selalu berfikir positif dan mengharap ampunan Allah SWT, sehingga pada saat kita menghadap kepada-Nya, kita dalam keadaan melakukan sesuatu yang paling dicintai-Nya. Dialah Allah, Dzat yang Maha Penyayang, Maha Pemurah dan Maha Kasih. Allah SWT mencintai orang yang memohon ampunan dan selalu (mengharap kebaikan) dari-Nya. Dengan jelas Rasulullah SAW bersabda, "Setiap orang akan dibangkitkan (dari alam kubur) dalam keadaan seperti ia meninggal". (Imam Muslim)
            Ibnu Majah, dan Tirmidzi meriwayatkan sebuah hadits dengan sanad jayyid dari Anas ra., bahwasanya Rasulullah SAW menemui seseorang yang dalam keadaan sakaratul maut. Rasulullah SAW bertanya kepadanya, "Bagaimana keadaanmu ?". Lelaki itu menjawab, "Aku mengharap (rahmat) Allah SWT dan aku juga takut (atas siksanya)". Mendengar hal itu, Rasulullah SAW lalu bersabda,  "Tidaklah (harapan dan kecemasan) berkumpul dalam hati seorang hamba sebagai-mana tempat ini kecuali Allah SWT mengabulkan apa yang diharapkannya dan memberi rasa aman dari apa yang ditakutinya".
(HR. Tirmidzi)
 
Fiqih Sunnah®

Tidak ada komentar: