Minggu, 18 Desember 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 16122011


ORANG – ORANG YANG HARUS DIKASIHANI
 
Belas kasihanilah oleh kalian tiga macam orang yaitu, orang mulia diantara kaum yang menjadi hina, orang kaya diantara kaum yang jatuh miskin, dan orang alim yang berada ditengah-tengah orang yang jahil (bodoh)
(Riwayat  Imam al-Askari )
           
Syarah/Penjelasan :
            Orang yang perlu dikasihani itu ada tiga macam, yaitu orang yang mulia dikalangan suatu kaum kemudian menjadi hina, orang kaya dari suatu kaum yang menjadi miskin atau jatuh miskin, dan orang alim yang hidup ditengah-tengah orang yang tidak mengerti agama. Hadis ini menganjurkan kepada kita agar berlaku kasih sayang dan memberikan santunan serta bantuan kepada mereka.
            Orang mulia yang kemudian menjadi hina sangat hidup menderita, dia sangat terbiasa dengan bentuk penghormatan orang lain yang diberikan kepadanya, sangat di segani dan dipuja oleh orang lain. Dia tidak terbiasa dengan hinaan, cacian dan makian, kalau orang yang biasa terhina mungkin sudah biasa menghadapi situasi tidak menyenangkan seperti itu, tapi untuk orang tadinya mulia kemudian menjadi orang hina akan sangat menyesakkan hati, menderita.
Kemudian orang yang kaya yang jatuh miskin lebih menderita lagi. Dia sangat terbiasa dengan segala bentuk kemewahan. Segala kebutuhannya terpenuhi kemudian dia jatuh miskin, jangankan untuk hidup bermewah-mewah untuk makan dan minum saja mereka sulit. Orang miskin baru lebih menderita dari pada orang miskin lama, banyak orang stress gara-gara menjadi orang miskin baru.
Sedangkan orang alim yang hidup ditengah orang yang jahil (bodoh) yang tidak mengerti agama, dia diposisikan sebagai orang yang sama dengan mereka, sungguh menyakitkan bukan ?. Makanya tidak mengherankan kalau Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk membantu ketiga golongan diatas.
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: