Minggu, 18 Desember 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Isya 16122011


Keutamaan Usia Panjang yang Disertai dengan Amal Saleh
 
          Berikut ini terdapat beberapa hadits Rasulullah SAW yang menjelaskan tentang keutamaan orang berusia panjang dan dipergunakan untuk beramal saleh.
 
          Dari Abdurrahman bin Abu Bakrah, dari ayahnya, bahwasanya seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW, "Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling baik ?". Rasulullah SAW menjawab, "Yaitu orang yang panjang usianya dan baik amal perbuatannya". Lelaki tersebut bertanya lagi, "Siapakah manusia yang paling buruk ?". Rasulullah SAW menjawab, "Yaitu orang yang panjang usianya dan buruk amal perbuatannya".
            (HR. Ahmad dan Tirmidzi)
            Tirmidzi menyatakan bahwa hadits ini hasan dan shahih.
 
          Dari Abu Hurairah ra., Rasulullah SAW bersabda, "Apakah kalian berkenan jika aku tunjukkan orang yang paling baik diantara kalian ?". Para sahabat menjawab, "Iya, wahai Rasulullah". Rasulullah SAW kemudian bersabda, "Orang yang terbaik diantara kalian adalah orang yang paling panjang usianya dan yang paling baik amal perbuatannya".
            (HR. Ahmad) dan yang lain dengan sanad yang shahih
.
 
 
Amal Saleh sebelum Datangnya Kematian Merupakan Tanda
Khusnul Khatimah
 
            Imam Ahmad, Tirmidzi, Hakim dan Ibnu Hibban meriwayatkan dari Anas ra., bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Jika Allah menghendaki kebaikan kepada seorang hamba, maka Allah SWT akan memberi jalan kemudahan untuk melakukan sesuatu". Beliau ditanya, "Bagaimana ia mendapat jalan kemudahan tersebut ?". Rasulullah SAW menjawab, "Allah memberikan pertolongan kepadanya untuk melakukan amal saleh sebelum kematiannya. Setelah itu, Allah SWT mencabut nyawanya".
(HR. Ahmad)
 
Fiqih Sunnah®

Tidak ada komentar: