Kamis, 19 Januari 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 18012012

AMALAN  YANG  BERPAHALA  BESAR
 
Bersuci itu sebagian dari iman; bacaan Alhamdulillaah dapat memenuhi timbangan (amal kebaikan); dan bacaan subhaanalaah walhamdulillaah dapat memenuhi antara langit dan bumi, shalat adalah nur (cahaya), sedekah (zakat) adalah bukti (keimanan seseorang), sabar adalah sinar, dan al-Qur'an adalah hujjah yang berfaedah bagimu atau hujjah yang berbalik menghantam dirimu. Semua orang beramal, ada yang menjual dirinya, dan ada pula yang memerdekakanya serta ada yang membinasakannya.
(Riwayat Abu Malik al-Asy'ari)
 
Syarah/Penjelasan :
            Bersuci merupakan bagian dari iman, maksudnya merupakan salah satu pertanda yang menunjukkan bahwa pelakunya adalah orang yang beriman. Membaca hamdalah dan tasbih pahalanya dapat memberatkan timbangan amal kebaikan orang yang mengerjakannya. Shalat merupakan nur atau cahaya yang membuat pelakunya terhindar dari perbuatan keji dan munkar. Zakat merupakan bukti bahwa pelakunya adalah orang yang beriman. Sikap bersabar merupakan penerangan yang menerangi orang yang bersangkutan hingga ia dapat memperoleh jalan keluar dari musibah yang menimpanya. Al-Qur'an itu jika engkau amalkan dengan baik, maka ia menjadi hujjah yang bermanfaat bagi dirimu, tetapi jika tidak  engkau  amalkan, maka ia menjadi hujjah yang memperberatkan sanksi terhadap dirimu.
 Setiap manusia itu berusaha untuk memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat, maka di antara meraka ada yang membebaskan dirinya dari neraka, dan ada pula yang membinasakan dirinya dengan mengerjakan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT sehingga ia terjerumus ke dalam neraka.
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: