Kamis, 19 Januari 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 19012012

AMALAN YANG DAPAT MENGUBAH KESENGSARAAN
MENJADI KEBAHAGIAAN
 
Sedekah yang diberikan kepada yang berhak menerimanya, berbuat amar ma'ruf, berbakti kepada kedua orang tua, dan bersilaturahmi, kesemuanya itu dapat mengubah kesengsaraan menjadi kebahagiaan, dan dapat menambah umur serta dapat memelihara diri dari keburukan yang membinasakan.
(Riwayat Abu Naim)
 
Syarah/Penjelasan :
            Amal perbuatan yang dapat mengubah keadaan seseorang yang tadinya sengsara menjadi bahagia, dan dapat menambahkan umurnya, serta dapat menangkal kejahatan yang datang secara tiba-tiba ialah :
  1. Memberikan sedekah kepada orang-orang yang berhak menerimanya, karena bersdekah adalah perbuatan yang sangat mulia. Orang yang bersedekah adalah orang yang tidak kikir, dia mau menyisihkan sebagian hartanya untuk orang lain. Bersedekah harus dengan hati yang ikhlas, tanpa keikhlasan sedekah kita hanya akan sia-sia.
  2. Berbuat kebajikan kepada orang lain (melakukan amar ma'ruf), berbuat baik berarti melakukan amal-amal shaleh seperti menolong, membantu dll. Dalam kehidupan sehari-hari sudah selayaknya antara muslim yang satu dengan yang lainnya saling tolong-menolong, karena antar muslim adalah saudara, apabila satu muslim sakit maka muslim yang lainnya pun merasakan sakit.
  3. Berbakti kepada kedua orang tua, hal ini merupakan kewajiban setiap anak kepada orang yang sudah melahirkan dan merawatnya dari kecil hingga dia dewasa. Pengorbanan yang sudah dilakukan orang tua tidak akan bisa dibayar oleh anaknya, satu-satunya jalan untuk membalasnya adalah dengan berbakti kepadanya.
  4. Bersilaturahmi kepada orang-orang yang memutuskannya, hal ini dilakukan agar silaturahmi tetap terjaga, ini menunjukkan betapa pentingnya menjaga tali silaturahmi. Allah sangat membenci orang yang memutuskan tali silaturahmi.
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: