Sabtu, 21 Januari 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Shubuh 20012012

Orang yang Menyeret Pakaiannya
Karena Sombong
 
1361.  Bersumber dari Abdullah bin Umar ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya orang yang menyeret pakaiannya karena sombong, maka pada hari Kiamat (kelak) Allah tidak bakal memperhatikan mereka".
(Muslim VI : 147)
 
Ketika Seseorang Berjalan dengan Congkak
dan Mengagumi Dirinya Sendiri, Niscaya
Dia Akan Ditelan Bumi
 
1362.  Bersumber dari Abu Hurairah ra., dari Nabi SAW., beliau bersabda, "Ketika seseorang berjalan dengan mengagumi rambutnya dan pakaiannya, tiba-tiba dia ditelan bumi, sehingga dia berjungkir balik didalamnya sampai hari Kiamat tiba". (Muslim VI : 148)
 
Para Malaikat Tidak Mau Masuk ke Rumah
yang di Dalamnya Terdapat Anjing dan
Gambar (Utuh) Makhluk Hidup
 
1363.  Berasal dari Maimunah radhiyallahu anha, bahwa Rasulullah SAW pada suatu pagi tampak diam termenung, lalu Maimunah bertanya, "Ya Rasulullah, saya lihat seharian engkau termenung ?" Lalu Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Jibril telah berjanji kepadaku bahwa dia akan menemuiku, tetapi ternyata dia tidak jadi menemuiku. Demi Allah, dia tidak mungkin mengingkari janjinya kepadaku". Rasulullah SAW selalu gelisah seharian seperti itu, kemudian beliau melihat seekor anak anjing dibawah tempat tidur kami, lalu beliau menyuruh untuk mengeluarkannya. Sesudah dikeluarkan, beliau mengambil air, kemudian beliau percikkan pada tempat bekas anjing itu. Tatkala hari sudah sore, Jibril as menemui Rasulullah SAW kemudian beliau bertanya, "(Ya Jibril), engkau telah berjanji akan menemuiku tadi malam ?". Jibril menjawab, "Betul, tetapi kami tidak mau masuk ke sebuah rumah yang di dalamnya terdapat anak anjing dan tidak (pula) gambar (utuh) makhluk hidup". Kemudian pada hari itu juga Rasulullah SAW memerintahkan agar membunuh semua anjing, sampai-sampai beliau memerintah mem-bunuh semua anjing penjaga kebun yang sempit dan beliau membiarkan anjing penjaga kebun yang luas. (Muslim VI : 156)
 
1364.  Berasal dari Abu Hurairah ra., ia mengatakan, "Rasulullah SAW bersabda, 'Para malaikat tidak sudi masuk ke sebuah rumah yang di dalamnya terdapat berhala atau gambar (utuh) makhluk hidup' ". (Muslim VI : 164)
 
Ringkasan Shahih Muslim®

Tidak ada komentar: