Kamis, 04 Oktober 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Shubuh 01102012

Mengeluarkan Orang yang Didapati
Berbau Bawang Merah atau Bawang Putih dari Masjid
 
253.    Bersumber dari Ma'dan bin Abi Thalhah bahwa Umar bin Khaththab ra pernah berkhutbah pada hari Jum'at menyebut-nyebut Nabi SAW dan Abu Bakar ra. Lebih lanjut Umar bin Khaththab mengatakan, "Sesungguhnya aku pernah bermimpi dipatuk ayam jantan tiga kali patukan. Aku tidak menfsirnya melainkan bahwa ajalku akan segera tiba. Orang-orang menyuruhku agar aku menunjuk khalifah sebagai pengganti. Dan sesungguhnya Allah Azza wa Jalla tidak akan menyia-nyiakan agama-Nya, khalifah-Nya, dan tidak (pula) sesuatu yang dengannya Allah mengutus Nabi-Nya SAW. Jika ajalku segera akan tiba, maka masalah khalifah biarlah dimusyawarahkan oleh enam orang yang mana Rasulullah SAW ridha kepada mereka kala beliau wafat. Sungguh aku tahu persis bahwa orang-orang saling menikam dalam menyikapi perkara yang satu ini. Demi Islam, akan aku hantam dengan tanganku sendiri. Jika mereka nekad melakukan hal tercela itu, maka jelas mereka itu musuh-musuh Allah yang kafir dan sesat. Kemudian sesudahku nanti, tidak ada satu pun yang kutinggalkan dan kuanggap lebih penting dari kalalah, suatu masalah yang selalu kumintakan pertimbangan Rasulullah SAW. Sungguh aku memang sangat menaruh perhatian besar terhadap masalah yang satu ini, sampai-sampai beliau menusukkan jari-jarinya ke dadaku dan bersabda, 'Wahai Umar, belum cukupkah bagimu ayat yang diturunkan pada musim kemarau yang ada pada bagian akhir surat An-Nisaa'?'. Sesungguhnya manakala aku di karuniakan usia panjang, aku akan tetap memutuskan terhadap siapapun yang membaca al-Qur'an maupun yang tidak membacanya. Aku akan berkata, 'Ya Allah, sesungguhnya aku minta Engkau menjadi saksi atas para pemimpin Mesir. Sesungguhnya aku mengutus mereka agar mereka bisa berbuat adil terhadap orang lain, mengajarkan agama kepada mereka dengan baik, mengajarkan kepada mereka sunnah Nabi mereka SAW, membagi harta rampasan dengan jujur, dan mengajukan kepadaku perkara sulit yang melilit mereka. Kemudian kalian, wahai sekalian manusia, berani memakan dua macam tumbuhan yang menurutku adalah tumbuhan yang jelek, yaitu bawang merah dan bawang putih. Aku menyaksikan sendiri Rasulullah SAW apabila mendapati bau kedua tumbuhan itu dari seseorang di masjid, maka beliau memerintahkan agar orang itu diusir (dari masjid) menuju Baqi'. Maka, barangsiapa yang ingin memakannya, hendaklah dia hilangkan aromanya dengan dimasak terlebih dahulu!'.
(Muslim II : 81)
 
Ringkasan Shahih Muslim®
 

Tidak ada komentar: