Rabu, 07 Desember 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 06122011


KERJAKAN YANG BAIK TINGGALKAN YANG BURUK
 
Kerjakan kebajikan dan jauhilah kemunkaran. Pikirkanlah dahulu hal yang akibatnya disukai oleh pendengaran telingamu, agar kelak kaum tidak mengatai-ngataimu bila engkau tiada dari mereka, bila telah engkau pikirkan akibatnya yang baik, maka kerjakanlah hal itu. Dan pikirkanlah dahulu hal yang akibatnya tidak disukai oleh pendengaran telingamu, bila akibatnya buruk maka tingalkanlah agar kelak kaummu tidak mengatai-nagataimu jika engkau tinggalkan mereka.
(Riwayat Jamaah)
           
Syarah/Penjelasan :
            Sesungguhnya yang dinamakan ketaatan atau kebaikan itu hanya terletak pada akhlak yang baik. Seorang Muslim yang berakhlak baik selalu menunjukkan ketaatannya kepada Allah SWT disetiap waktu dan dalam berbagai situasi dan kondisi. Dia tidak pernah mau menunjukkan keengganannya untuk menjalankan perintah-perintah-Nya, apalagi melanggar larangan-larangan-Nya. Selain itu Muslim yang berakhlak baik selalu menunjukkan tindakan-tindakan yang beretika dalam pergaulannya sehari-hari. Dia tidak akan mau merugikan orang lain apalagi sampai menzalimi orang lain, dia gemar menolong, pemurah dll.
            Sedangkan yang dinamakan dosa itu ialah sesuatu yang bergejolak di dalam hati kita, sedangkan orang bersangkutan tidak suka hal itu diketahui oleh orang lain, atau istilah lainnya adalah aib. Aib adalah sesuatu tindakan atau perkara yang memalukan, biasanya kalau kita punya aib maka kita akan menutupinya. Seluruh tindakan yang membuat kita malu kalau  sampai orang lain tahu tindakan tersebut berarti itu adalah tindakan dosa. Maka jauhilah tindakan seperti tiu.
                       
 
INDEKS Hadits & Syarah®
 
 

Tidak ada komentar: