Kamis, 08 Desember 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 08122011


LEMAH LEMBUT BAGIAN DARI AKHLAK YANG MULIA
 
Tiada suatu sikap lemah lembut pun dalam sesuatu hal kecuali sifat lemah-lembut itu menghiasinya, dan tidak sekali-kali sikap ini dicabut dari sesuatu melainkan hal ini akan memburukkannya.
(Riwayat adh-Dhiya melalui Anas r.a)
           
Syarah/Penjelasan :
            Sikap lemah-lembut dan tidak tergesa-gesa. Sikap ini merupakan salah satu dari akhlak yang mulia disisi Allah. Oleh karena itu dalam hadits ini dikatakan bahwa siapa pun yang menyandangnya, maka sikap ini menjadi perhiasan baginya. Atau dengan kata lain, sikap ini akan membuatnya tampak anggun dan berwibawa dihadapan manusia. Dengan tindakan lemah lembut orang-orang disekitar kita pasti akan senang, orang yang lemah lembut tidak pernah berkata kasar kepada orang lain apalagi sampai menghina orang lain. Dia selalu berkata yang sopan, tidak pernah berbicara dengan nada yang keras.
            Sikap lemah lembut hanya tidak boleh ditunjukkan dalam menghadapi kewajiban-kewajiban yang dianjurkan atau diperintahkan oleh Allah, dalam hal ini kita harus mengerjakan perintah tersebut dengan segera, jangan menunda-nunda apalagi mengabaikannya. Seperti apabila telah masuk waktunya shalat segeralah laksanakan, sesibuk apapun kita. Salah satu tanda orang yang melalaikan shalat adalah menunda-nunda untuk melaksanakan shalat.
 
           
INDEKS Hadits & Syarah®
 
 

Tidak ada komentar: