Kamis, 08 Desember 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Shubuh 08122011


Aparat  Pemerintah yang Mempersulit
Atau yang Mempermudah
 
 
1208.  Dikisahkan dari Abdurrahman bin Syimasah, ia bercerita, "Saya pernah datang ke rumah 'Aisyah radhiyallahu anha untuk menanyakan sesuatu. Lalu 'Aisyah bertanya, 'Kamu dari kaum apa ?'.Lalu saya menjawab, 'Saya dari penduduk Mesir'. Dia bertanya (lagi), 'Bagaimana pendapatmu tentang Muhammad bin Abu Bakar yang diperangi kaummu ?'. Saya menjawab, 'Kami sama sekali tidak membencinya; jika diantara kami ada orang yang ontanya mati, maka Muhammad bin Abu Bakar memberinya onta; jika ada orang yang budaknya meninggal dunia, maka Muhammad bin Abu Bakar memberinya budak; dan jika ada orang yang membutuhkan bantuan nafkah, maka Muhammad bin Abu Bakar membantunya memberi nafkah'. Kemudian 'Aisyah radhiyallahu anha mengatakan, 'Apa yang telah dilakukan Muhammad bin Abu Bakar, saudaraku, tidak bisa menghalangiku untuk menyampaikan apa yang pernah saya dengar dari Rasulullah SAW, beliau pernah memanjatkan do'a dirumahku ini, 'Ya Allah, barangsiapa memegang jabatan dalam urusan umatku lalu dia mempersulit mereka, maka persulitlah dia, dan barangsiapa memegang jabatan dalam urusan umatku lalu dia memberikan pertolongan kepada mereka, maka tolonglah dia !'".
            (Muslim VI : 7)
 
Ringkasan Shahih Muslim®

Tidak ada komentar: