Rabu, 08 Februari 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 07022012

UMAT MUHAMMAD AKAN DITAMPILKAN
BESERTA AMALNYA
 
Umatku ditampilkan di hadapanku berikut semua amal perbuatan baik dan buruknya, dan ternyata kulihat kebanyakan amal baik mereka lantaran menyingkirkan ganggu-an dari tengah jalan; dan kebanyakan amal buruk mereka lantaran meludah di dalam masjid tanpa menguburnya (membersihkannya).
(Riwayat Ahmad melalui Abu Dzar  r.a)
 
Syarah/Penjelasan :
            Dalam hadits terdahulu telah disebutkan bahwa menyingkirkan gangguan dari tengah jalan, seperti beling, duri, dan lain-lainnya yang membahayakan si pemakai jalan merupakan amalan yang ringan dalam perbuatan tapi berat dalam timbangan kebaikan. Pilihan antara kebaikan dan keburukan, keadilan dan kezaliman, perintah dan larangan bukanlah tujuan, tetapi ladang untuk beramal, untuk mencapai kesela-matan, kebahagiaan dan surga. Dan telah disebutkan pula dalam hadits terdahulu bahwa meludah didalam masjid merupakan perbuatan dosa dan sebagai kifaratnya ialah menghilangkannya, yakni membersihkannya, baik dengan cara menghilangkan ludah itu atau mencucinya.
            Ternyata amalan yang akan mengantarkan kita ke surga dan amalan yang mengantar kita ke neraka dua-duanya bukan perkara amalan berat atau ringan. Boleh jadi satu amalan ringan dalam perbuatan tapi berat dalam timbangan kebaikan. Sesungguhnya pilihan antara kebaikan dan keburukan, keadilan dan kezaliman, perintah dan larangan bukanlah tujuan, tetapi ladang untuk beramal, untuk mencapai keselamatan, kebahagiaan dan surga. Yang satu lagi meludah dida-lam masjid akan mengantarkan kita ke neraka. Meskipun dosa itu tampaknya ringan tetapi timbangan dosanya amatlah berat. Maka camkanlah kedua hal tersebut, untuk kita lakukan dan satunya lagi kita hindari.
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: