Senin, 06 Februari 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 24012012

AMALAN YANG PALING UTAMA
SETELAH BERIMAN
 
Amal yang paling utama setelah beriman kepada Allah adalah cinta kasih terhadap sesama manusia.
(HR. Imam Thabrani)
 
Syarah/Penjelasan :
            Kasih sayang orang dengan penampilan yang simpatik, yaitu dengan kasih sayang terhadap mereka. Hal ini termasuk amal baik yang paling utama sesudah iman kepada Allah. Hadits ini menerangkan tentang keutamaan kasih sayang kepada orang lain. Dalam hadits lain disebutkan bahwa tidaklah beriman seseorang diantara kalian sebelum ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri. Refleksi rasa sayang antara sesama manusia ditunjukkan dengan jalan tidak saling bermusuhan satu sama lainnya, saling tolong menolong dan sejenisnya, karena permusuhan hanya akan menimbulkan perpecahan dan kerusakan, jadi untuk apa kita saling bermusuhan. Saling menyayangi akan membuat hidup kita selalu indah.
 
INDEKS Hadits & Syarah®
BALASAN BAGI ORANG YANG MENGAJAK KEPADA
PETUNJUK DAN BAGI ORANG YANG MENGAJAK
KEPADA KESESATAN
 
Barang siapa mengajak kepada petunjuk, maka ia akan memperoleh pahala seperti pahala yang diperoleh oleh orang-orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahala mereka barang sedikitpun. Dan barang siapa mengajak kepada kesesatan, maka ia akan memperoleh dosa seperti dosa yang diperoleh oleh orang-orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa mereka barang sedikitpun.
(Riwayat Muslim)
 
Syarah/Penjelasan :
            Orang yang mengajak kepada jalan petunjuk akan memperoleh pahala seperti pahala orang-orang yang mengikuti petunjuk tanpa mengurangi pahala mereka barang sedikitpun. Karena itu ajaklah saudara atau teman kita untuk selalu beramal shaleh bersama kita, maka kita akan mendapat pahala sama dengan yang ia dapatkan. Mengajak orang untuk melakukan amal shaleh bukanlah perkara yang berat. Tapi seringkali ajakan kita malah membuat orang yang kita ajak menjadi tersinggung, untuk itu sebelum kita mengajak seseorang untuk beramal shaleh kita harus pahami karakter orang tersebut agar kita tahu bagaimana cara mengajaknya sehingga dia tidak tersinggung. Pahala kita akan berlipat ganda. Janganlah kita mengajak orang kepada kesesatan karena kita akan memperoleh dosa seperti orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dosa-dosa mereka barang sedikitpun. Jauhilah!.
INDEKS Hadits & Syarah®
 

Tidak ada komentar: