Jumat, 10 Februari 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 09022012

JANGAN  BERAMBISI  MENJADI
ORANG YANG TERKENAL
 
Berdosalah seseorang bila ia menjadi subyek dari telunjuk orang banyak; apabila dia seorang yang baik maka hal tersebut dapat menggelincirkannya, kecuali orang yang dirahmati Allah. Dan apabila dia seorang yang jelek maka bertambahlah keburukan-nya.  (Riwayat Baihaqi)
 
Syarah/Penjelasan :
            Janganlah ingin menjadi orang terkenal jika tidak mampu menguasai diri, karena terkenal akan mengakibatkan banjir pujian dari banyak orang sementara pujian orang itu sering menggelincirkan hati manusia, karena banyak dipuji dia merasa orang paling baik sehingga dia menjadi sombong, sangat jarang orang terkenal yang tawadhu. Coba anda lihat sifat-sifat orang terkenal di Indonesia, rata-rata susah untuk ditemui oleh orang kecil atau biasa.
            Kebanyakan diantara mereka berprilaku kurang tawadhu. Yang lebih parah kalau ada orang yang terkenal karena keburukannya, dan dia bangga dengan kebu-rukan itu, karena keburukan itu membuat dia menjadi terkenal. Dia akan merasa nyaman dengan semua tindakan buruk yang dilakukannya. Orang yang seperti ini niscaya Allah akan melaknatnya.
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: