Kamis, 09 Februari 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Shubuh 08022012

Membonceng Perempuan Mahramnya
 
1436.  Bersumber dari Asma' binti Abu Bakar radhiyallahu anha, "Aku dinikahi oleh Zubair yang tidak memiliki kekayaan, pelayan, dan tidak pula harta benda lain kecuali seekor kuda. Akulah yang memberi makan, merawat dan melatih kuda itu. Aku pula yang menumbuk (gandum) untuk makan, aku mengurus makan dan minumnya, menjahit dan memasak, hanya saja aku tidak pandai membuat roti. Karena itu para tetanggaku, orang-orang Anshar membuat-kanku roti". Asma' melanjutkan, "Aku juga menjunjung buah kurma diatas kepalaku dari kebun yang dijatahkan oleh Rasulullah SAW kepada Zubair sejauh dua pertiga farsyakh. Pada suatu hari saya pulang dengan menjunjung buah kurma di atas kepala. Aku bertemu Rasulullah SAW beserta beberapa orang sahabat beliau, lalu Rasulullah SAW memanggilku. Beliau berucap 'ikh-ikh' (menyuruh ontanya berlutut) untuk memboncengku di belakang beliau". Asma' melanjutkan (ketika bercerita kepada suaminya), "Saya merasa malu dan saya mengerti bahwa kamu pencemburu. Suaminya menjawab, 'Demi Allah, sungguh bebanmu menjunjung buah kurma diatas kepalamu adalah lebih berat daripada kamu naik onta bersama Rasulullah SAW''". Setelah peristiwa itu, Abu Bakar ra (ayahku), mengirimkan seorang pelayan sehingga saya tidak lagi turut mengurus kuda dan saya bebas dari kerja berat".
            (Muslim VII : 11-12)
 
Ringkasan Shahih Muslim®

Tidak ada komentar: