Selasa, 22 November 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Isya 20112011


Bersabar  Saat  Sakit.
 
            Bagi orang yang sedang sakit, hendaknya dia bersabar atas musibah yang sedang menimpanya. Dan tidaklah seorang hamba diberi sesuatu yang lebih baik dan lebih bernilai dibanding dengan (tertambatnya) kesabaran (dalam diri). Berkaitan dengan nilai kesabaran dan keutamaan yang terkandung didalamnya, ada beberapa hadis yang menjelaskan hal tersebut. Diantaranya adalah :
 
    Imam Muslim meriwayatkan dari Suhaib bin Sinan ra, bahwa Rasulullah bersabda : "Sungguh amat menakjubkan perkara orang beriman, di mana semuanya menjadi baik dan tidak ada yang mendapatkan hal tersebut kecuali orang yang beriman. Jika ia mendapat kebahagiaan, ia bersyukur. Hal itu merupakan kebaikan baginya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar. Hal itu juga merupakan kebaikan baginya" .  (HR. Muslim)
 
     Imam Bukhari meriwayatkan dari Anas ra. Dia berkata, aku mendengar Rasulullah bersabda, sesungguhnya Allah berfirman : "Jika Aku menguji hamba-Ku dengan dua hal (kedua matanya) yang amat dicintainya lalu ia bersabar, maka Aku akan mengganti atas keduanya dengan surga".
(HR. Bukhari)
 
     Imam Bukhari dan Muslim juga meriwayatkan dari 'Atha bin Abi Rabah. Dari Ibnu Abbas ra, ia berkata, maukah aku tunjukkan kepadamu sosok perempuan yang menjadi penghuni surga ?. Aku menjawab, "Iya". Ibnu Abbas melanjutkan, "Ia adalah sosok perempuan yang berkulit hitam, yang pernah datang menemui Rasulullah lalu berkata, 'Sesungguhnya aku mengidap penyakit ayan, dan ketika penyakitku kambuh auratku ter-buka. Untuk itu, berdoalah kepada Allah untukku'. Lantas Rasulullah berkata kepadanya, 'Jika kamu mau, bersabarlah dan bagianmu adalah surga. Dan jika kamu menginginkan, aku akan berdoa kepada Allah agar memberi kesembuhan kepadamu'. Mendengar hal itu, ia lantas berkata, 'Sesungguhnya jika penyakit ayanku kambuh, auratku selalu tersingkap. Untuk itu, berdoalah kepada Allah agar auratku tidak tersingkap'. Lantas Rasulullah berdoa untuknya.
 
 
 
 
Fiqih Sunnah®

Tidak ada komentar: