Selasa, 22 November 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 20112011


ORANG  YANG  TIDAK  AKAN MERASAKAN
KESEPIAN KELAK  DI AKHIRAT
 
Bagi orang yang ahli (terbiasa) mengucapkan kalimah Laa ilaaha illallaah (Tiada Tuhan selain Allah) tiada perasaan terasing baginya sewaktu ia mati, dan tiada pula sewaktu ia didalam kubur, serta tiada pula sewaktu ia dibangkitkan hidup kembali. Seakan-akan aku melihat mereka ketika dibangkitkan hidup kembali sedang mengibaskan tanah dari kepalanya seraya mengucapkan : "Segala puji bagi Allah yang telah melenyapkan kesedihan dari kami".
(Riwayat  Thabrani melalui Ibnu Umar r.a)
 
Syarah/Penjelasan :
            Pengertian, kalimah Laa ilaaha illallaah dalam hadis ini sama dengan hadis-hadis sebelumnya, disertai dengan gandengannya atau kalimah Muhammadar Rasulullaah.
            Beruntunglah orang-orang yang beriman dan rajin berzikir mengucapkan kalimah tauhid karena di dalam kubur mereka tidak akan merasa kesepian, begitu pula ketika dibangkitkan dari kubur. Ketika meninggal pun mereka tidak merasa asing karena banyak malaikat yang mengantarkannya. Pujian mereka sewaktu dibangkitkan dari kubur ialah, "Segala puji bagi Allah yang telah melenyapkan kesusahan dari kami", yakni kesusahan hari kiamat. Manusia yang sudah meninggal tidak akan didampingi oleh siapapun, termasuk oleh orang yang mencintainya. Dia akan seorang diri melanjutkan perjalanan kehidupannya di alam akhirat. Jasad yang banyak dibangga-banggakan selagi hidup dimasukkan kedalam tanah, sepertinya kita akan sangat kesepian, kita hanya berada pada ruangan yang sangat sempit. Tidak ada yang menemani. Namun hal ini tidak berlaku bagi orang yang sering mengucapkan Laa ilaaha illallaah. Disamping itu orang yang rajin melafalkan kalimat tauhid dia tidak akan pernah merasa kesepian ketika dibangkitkan dan akan ter-hindar dari azab kubur dan akan terhindar dari kesusahan di akhirat. Sungguh indah bukan ?. Oleh karenanya sering-seringlah mengucap Laa ilaaha illallaah

 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: