Senin, 21 November 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 17112011


BERIMAN  KEPADA  HARI  AKHIRAT
 
Diriwayatkan dari Abu Syuraih al-Khuza'iy ra katanya : Nabi SAW. bersabda : barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhirat, maka hendaklah dia berbuat baik kepada tetangganya. Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhirat, maka hendaklah dia memuliakan para tamunya. Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhirat, maka hendaklah dia bercakap hanya perka-ra yang baik atau diam.    (HR. Bukhari)
 
Syarah/Penjelasan :
            Beriman Kepada Allah dan hari kiamat adalah salah satu rukun Islam yang enam. Setiap Muslim wajib beriman kepada Allah dan percaya akan datangnya hari akhir, pada hadits diatas mengandung beberapa seruan :
  1. Bahwa siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka dia harus berbuat baik kepada tetangganya. Hal ini dikarenakan tetangga adalah orang yang paling dekat dengan rumah kita secara tempat. Sehingga kalau terjadi musibah, biasanya tetangga adalah yang pertama tahu dan menolong kita. Untuk itu kita harus baik dengan tetangga.
  2. Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka dia harus memuliakan tamunya. Memuliakan tamu adalah bagian dari akhlak baik seorang Muslim. Dalam Islam datangnya tamu adalah simbol dari praktek silaturrahmi yang pahalanya sangat besar, selain itu salah satu hikmahnya adalah bisa mendatangkan dan menambah rizky serta memperpanjang umur kita.
  3. Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia berbicara yang baik atau diam. Ini menunjukkan bahwa dilarang kepada setiap Muslim untuk berbicara jelek seperti membicarakan kejelekan orang lain apalagi menghina orang lain. Daripada kita berbicara yang tidak baik lebih baik diam. Diam itu adalah emas.
           
 
 
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: