Rabu, 23 November 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 21112011


AKHLAK NABI SAW  BILA MELEPAS
KEPERGIAN SESEORANG
 
Nabi SAW apabila melepas kepergian seseorang, menjabat tangannya dan tetap memegang tangannya sebelum orang itu melepaskan tangannya lalu beliau mengucapkan : "Aku serahkan kepada Allah agamamu, amanatmu dan pungkasan amal perbuatanmu".  (HR. Nasa'i)
 
Syarah/Penjelasan :
            Diantara akhlak Nabi SAW, yang menunjukkan kemuliaan dan kasih sayang-nya ialah bila beliau mengantarkan kepergian seseorang, maka beliau tidak mele-paskan jabatan tangannya dari orang itu, sebelum orang tersebut yang lebih dahulu melepaskannya. Sesudah itu beliau mengucapkan wejangannya, "Aku serahkan kepada Allah agamamu, amanatmu, dan pungkasan amal perbuatanmu".
            Hal seperti itu selalu dilakukan oleh Nabi SAW ketika melepas kepergian seseorang terutama sahabat-sahabatnya. Tidak melepaskan pegangan tangan terle-bih dahulu menandakan kita berat untuk melepas kepergian sahabat atau keluarga kita. Kalau orang yang hendak pergi sudah melepaskan pegangan tangannya hal itu menandakan dia siap untuk berpisah dengan kita. Sebelum orang yang kita sayangi pergi hendaklah kita memberikan pesan yang baik, terutama tausiyah atau nasehat seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.
 
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: