Jumat, 25 November 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 23112011


ALLAH MERELAKAN KEMUDAHAN
DAN MEMBENCI KESULITAN
 
Sesungguhnya Allah SWT, merelakan kemudahan bagi umat ini dan Dia membenci kesulitan baginya.    (Riwayat Thabrani melalui Mihjan Ibnul Auda)
 
Syarah/Penjelasan :
Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (al-Qur'an) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah shalat , tunaikanlah zakat , dan berpegang-lah kamu pada tali Allah. Dia adalah pelindungmu, maka Dia-lah sebaik-sebaik penolong.   (QS. Al-Hajj [22] :78)
            Dalam ayat lain Allah SWT. telah berfirman : (Beberapa hari yang telah ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa diantara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) dibulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang diting-galkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu, dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur".   (QS. Al-Baqarah [2] : 185)
            Karena memang pada dasarnya agama Islam adalah agama yang mudah atau tidak menyulitkan. Bahkan Allah tidak pernah memberikan masalah kepada seorang hamba kalau hamba tersebut tidak mampu memecahkan masalah tersebut. Untuk itu janganlah kita menganggap agama Islam adalah agama yang menyulitkan..
Kalau kita sedang dalam kesulitan hendaklah kita jangan menghadapinya dengan pikiran yang rumit. Hadapilah semua masalah dengan kepala dingin, karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Dalam kesulitan pasti ada kemudahan.
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: