Jumat, 25 November 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Isya 23112011


Keutamaan Membesuk Orang Sakit
 
 
            Ada beberapa hadits yang menjelaskan tentang keutamaan membesuk orang sakit. Diantaranya adalah :
 
          Ibnu Majah meriwayatkan dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah bersabda, "Siapa yang membesuk orang sakit, maka ada penyeru yang memanggilnya, 'Sungguh baik (apa yang telah kamu lakukan), sungguh baik perjalananmu, dan kamu telah menyiapkan tempatmu di surga'"
 
          Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah ra. Ia berkata sesung-guhnya Rasulullah SAW bersabda, Sesungguhnya Allah SWT berfirman pada hari kiamat nanti : "Wahai anak cucu Adam, Aku sakit, tapi kamu tidak menjenguk-Ku?. Anak cucu Adam menjawab, 'Bagaimana aku menjenguk-Mu sementara Engkau adalah Tuhan semesta alam ?'. Allah menanggapinya, 'Tidakkah engkau tahu, bahwa hamba-Ku fulan sedang sakit, tapi kamu tidak menjenguknya. Tidakkah kamu tahu, jika kamu menjenguknya, kamu akan mendapati semua itu di sisi-Ku ?'. 'Wahai anak cucu Adam, Aku memintamu makan, tapi kamu tidak memberi-Ku makan ?'. Anak cucu Adam berkata, 'Bagaimana aku memberi-Mu makan sementara Engkau adalah Tuhan semesta alam ?'. Allah menanggapinya seraya berfir-man, 'Tidakkah kamu ingat bahwa ada hamba-Ku yang meminta makan kepadamu tapi kamu menolaknya. Tidakkah kamu tahu, jika kamu memberinya makan, maka kamu akan mendapati-Ku semua itu di sisi-Ku ?'. Wahai anak cucu Adam, Aku memintamu minum, tapi kamu tidak memberi-Ku minum ?. Anak cucu adam berkata, 'Bagaimana aku memberi-Mu minum, sementara Engkau adalah Tuhan semesta alam ?'. Allah menaggapinya, 'Hamba-Ku, fulan memintamu minum, tapi kamu tidak memberinya minum. Tidakkah kamu tahu jika kamu memberinya minum, kamu akan mendapatinya di sisi-Ku,'"
 
          Dari Tsauban ra., ia berkata, Rasulullah bersabda, "Siapa yang membesuk orang yang sedang sakit, maka ia akan selalu berada di Khurfatul Jannah sampai ia pulang".
 
          Sayyidina Ali ra., berkata aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Tidakkah seorang Muslim menjenguk sesama Muslim (yang sedang sakit) di pagi hari, kecuali tujuh puluh ribu Malaikat berdoa untuknya  sampai datang waktu sore. Dan jika ia menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu Malaikat akan mendoakannya sampai datang waktu pagi, dan baginya buah-buahan yang segar di surga".
(HR. Tirmidzi). Dia mengatakan bahwa hadits ini hasan.
 
 
Fiqih Sunnah®

Tidak ada komentar: