Selasa, 21 Februari 2012

Pembacaan Hadits ba'da Magrib 21022012

ANAK YANG MATI SEBELUM BALIGH
DAPAT MEMBERI SYAFAAT KEPADA ORANG TUANYA
 
Anak-anak kecil kalian (yang meninggal dunia) merupakan pelayan-pelayan kecil surga; seseorang di antara mereka menjemput orang tuanya lalu memegang erat-erat pakaiannya. Ia lakukan hal itu secara terus-menerus hingga Allah memasukkan-nya bersama-sama orang tuanya ke dalam surga.
(Riwayat Muslim melalui Abu Hurairah r.a)
 
Syarah/Penjelasan :
            Ia bagaikan ikan-ikan kecil yang berenang di dalam laut sekehendak hatinya. Yaitu anak-anak kaum Muslimin yang meninggal dunia sebelum usia baligh, kelak diakhirat mereka berada di dalam surga dengan bebasnya seperti halnya ikan-ikan kecil yang berenang di dalam laut kesana dan kemari menurut kehendak hatinya. Apabila semua makhluk dihadapkan kepada Allah SWT untuk melakukan hisabnya masing-masing, maka tiap-tiap anak menjemput orang tuanya masing-masing dan memegangi erat-erat untuk dibawanya bersama-sama masuk kedalam surga.
            Dapat disimpulkan dari hadis ini bahwa anak yang masuk surga dapat memberikan syafaat kepada orang tuanya. Oleh sebab itu jika Allah mengambil anak kita janganlah berburuk sangka kepada Allah. Perlu disadari bahwa Allah tidak mengambil sesuatu yang kita cintai kecuali Dia menggantinya dengan yang lebih baik yaitu surga. Maka berbahagialah orang tua yang ditinggal mati oleh anaknya yang masih kecil. Dia seperti mempunyai tabungan besar yang bisa dicairkan di akhirat kelak. Saat kita divonis amal buruk kita lebih banyak daripada amal baik, maka datanglah Wildan menarik kita untuk masuk ke surga bersamanya. Alangkah bahagianya.
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: