Minggu, 08 April 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 06042012

PERNYATAAN ALLAH TENTANG KEESAANYA
 
Allah SWT telah berfirman : "Sesungguhnya Aku adalah Allah, tiada Tuhan selain Allah. Barangsiapa mengakui ketauhidan-Ku (keesaan-Ku) niscaya ia akan me-masuki benteng-Ku dan selamat dari azab-Ku".
(Riwayat Asy-Syairazi melalui Ali)
 
Syarah/Penjelasan :
            Pengertian tauhid dalam hadits ini harus disertai dengan gandengannya, yaitu beriman bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Kalimat  tauhid adalah kalimat yang paling mulia, dan memiliki makna yang sangat besar. Kalimat ini berisi pengakuan tidak ada lagi Tuhan selain Allah. Dialah satu-satunya Tuhan yang patut untuk disembah. Tuhan menciptakan manusia, alam dan seisinya. Dengan mengucapkan kalimat tauhid seorang manusia yang belum berislam sudah dikategorikan sebagai seorang muslim. Orang yang tidak mempercayai bahwa hanya Allah lah tuhan yang patut diimani dan dipercaya, tidak akan mau mengucapkan kalimat tauhid. Bahkan orang yang sudah lama memeluk Islam kemudian dia mengakui ada Tuhan lain selain Allah maka dia dikategorikan sebagai orang yang murtad atau keluar dari Islam.
 
            Selain itu hadits ini juga menjelaskan barang siapa yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (bertauhid), niscaya ia akan masuk surga tanpa dihisab, jika ia tidak mempunyai dosa dan menjalani pembersihan lebih dahulu melalui siksa neraka, jika banyak dosanya. Dalam hadits lain dijelaskan bahwa kalimat Laa ilaaha illAllah adalah kalimat yang dijadikan kunci untuk kita masuk kedalam surga-Nya Allah, siapapun yang pernah mengucapkannya pasti dia akan masuk surga.
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: