Senin, 09 April 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 07042012

ARASY ALLAH BERADA DIATAS AIR
 
Allah itu ada, dan tiada sesuatupun selain-Nya, Arasy-Nya berada di atas air. Dia telah memastikan segala sesuatu di dalam adz-Dzikr (Lauh Mahfuzh), lalu Dia men-ciptakan langit dan bumi.
(Riwayat Bukhari)
 
Syarah/Penjelasan :
            Ketika Allah SWT belum menciptakan ciptaan-Nya, tiada sesuatupun selain Dia. Pada masa ini semuanya hanya kekosongan, Allah bersemayam 'Arasy-Nya, ada yang mengartikan Arasy sebagai singgasana Tuhan ada juga yang mengartikannya dengan kekuasaan Tuhan.
 
"(Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah. Yang bersemayam di atas 'Arasy"
(QS.Thahaa [20] : 5)
 
            Arasy berada di atas air, lalu Dia mencatat segala sesuatu yang akan di ciptakan-Nya berikut semua takdir-Nya di Lauhul Mahfuzh, yaitu sebuah kitab takdir yang berisikan nasib seluruh manusia dan alam beserta isinya.
 
"Tiada sesuatupun yang ghaib di langit dan di bumi, melainkan (terdapat) dalam kitab yang nyata (Lauhul Mahfuzh)"
(QS. An-Naml [27] :75)
 
lalu Dia menciptakan lagit dan bumi,
 
Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi : "Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa". Keduanya menjawab : "Kami datang dengan suka hati". Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.
(QS. Al-Fuhshilat [41] : 11-12)
Penciptaan langit dan bumi ini sesudah diciptakan-Nya nur Muhammad SAW. karena di dalam hadits lain disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda kepada sahabat Jabir ra : "Mula-mula yang diciptakan oleh Allah adalah nur nabimu, hai Jabir".
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: