Kamis, 12 April 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 10042012

ASMA ALLAH YANG TERAGUNG
 
Asma (nama) Allah Yang Teragung apabila diserukan dalam bentuk doa pasti dikabul; dan apabila disebutkan dalam permintaan pasti pasti diberi, adalah seperti yang disebut dalam doa Nabi Yunus ibnu Mataa.
(Riwayat Ibnu Jabir melalui Sa'ad)
 
Syarah/Penjelasan :
            Hadits ini menerangkan tentang keutamaan Ismul A'zham yang apabila dibaca dalam doa untuk meminta sesuatu, niscaya doa dan permintaan tersebut pasti dikabulkan. Untuk itu ketika kita berdoa kepada Allah sebutlah asma'ul husna, ketika kita minta rizki kepada-Nya sebutlah Ya Rozak (Pemberi Rizki), ketika meminta ampunan sebutlah Ya Rahman Ya Rahim dll. Pada bagian akhir hadits ini di atas disebutkan kalau berdoa tirulah doanya Nabi Yunus seperti yang terdapat dalam al-Qur'an :
Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap : "Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim". Maka Kami telah mem-perkenankan doanya dan menyelamatkannya dari kedukaan. Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.
(QS. Al-Anbiyaa [21] : 87-88)
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: