Sabtu, 14 April 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 13042012

AYAT  YANG  MEMERINTAHKAN
SHOLAT DENGAN KHUSYUK
 
Diriwayatkan dari Zaid bin Arqam r.a, katanya : Kami pernah bercakap-cakap di dalam Shalat. Seseorang itu boleh bercakap-cakap dengan temannya yang berada di sisi semasa Shalat. Akhirnya diturunkan ayat yang bermaksud : "Dirikanlah Shalat karena Allah dengan khusyuk". Jadi kami diperintahkan supaya diam dan tidak lagi bercakap-cakap semasa Shalat
(HR. Bukhari)
 
Syarah/Penjelasan :         
Ketika melaksanakan shalat tidak dibolehkan mengucapkan apa-apa terkecuali kalimat-kalimat yang terdapat dalam bacaan shalat. Kalau ketika shalat kita bercakap-cakap mustahil dapat shalat dengan khusyuk. Kekhusyu'an dalam shalat penunjangnya adalah tidak berkata selain bacaan-bacaan shalat, tidak mengingat perkara-perkara duniawi dll, mengucapkan kalimat-kalimat lain diluar kalimat shalat maka shalat kita menjadi batal. Shalat merupakan ritual teragung dalam ajaran Islam. Ketika shalat kita harus fokuskan hati dan pikiran kita hanya untuk shalat, karena seorang muslim yang melaksanakan shalat dia diibaratkan sedang menghadap Allah, Tuhan yang menciptakan dan memberinya kehidupan, alangkah meruginya seorang yang sedang menghadap Allah Tuhan semesta alam sementara dia bercakap-cakap dengan orang lain. Maka shalatlah dengan khusyuk.
"Peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah)  shalat  whusthaa. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khuyuk"
            (QS. Al-Baqarah [2] : 238)
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: