Selasa, 16 Oktober 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Shubuh 13102012

Membaca  Ayat  di Belakang  Imam
 
283.    Bersumber dari 'Imran bin Hushain  ra, ia mengatakan, Rasulullah SAW pernah mengimami kami dalam shalat zuhur atau shalat 'Ashar. Kemudian beliau bertanya, "Siapakah di antra kalian yang di belakangku membaca, 'SABBIHISMA RABBIKAL A'LA?". Kemudian seorang shabat mengaku, 'Saya, Saya tidak bermaksud apa-apa dengan bacaan itu, melainkan ingin kebaikan'. Kemudian Rasulullah SAW  bersabda, "Sungguh aku tahu persis, bahwa sebagian di antara kalian ada yang menggangguku dalam hal membaca!".
(Muslim II : 11)
 
Makmum  Mengucapkan  Aamiin
 
284.   Bersumber dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah bersabda, "Manakala imam mengucapkan 'AAMIIN, maka hendaklah kalian mengucapkan 'AAMIIN, (juga). Sebab sesungguhnya, siapa saja yang bacaan aminnya bersamaan dengan ucapan amin para malaikat, niscaya diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu". Ibnu Syihab berkata, 'Adalah Rasulullah SAW biasa mengucapkan, AAMIIN'.
(Muslim II : 17)
 
Bacaan  Ayat  Dalam  Shalat  Shubuh
 
285.   Bersumber dari Simak bin Harb, ia berkata, "Aku pernah bertanya kepada Jabir bin Samurah ra perihal shalat Nabi SAW. Kemudian Jabir berkata, 'Beliau SAW biasa mempersingkat shalat, tidak mengerjakannya seperti orang-orang itu'. (Simak) berkata (lagi), 'Ia memberitahu kepadaku, bahwa Rasulullah SAW di dalam shalat shubuh biasa membaca,  QAAF WALQUR'AANIL MAJID, dan semisalnya'".   (Muslim II : 40)
 
Ringkasan Shahih Muslim®

Tidak ada komentar: