Selasa, 16 Oktober 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Shubuh 15102012

Bacaan  Ayat  Dalam  Shalat  Zhuhur dan Ashar
 
286.    Bersumber dari Abu Qatadah ra, ia mengatakan, "Adalah Rasulullah SAW pernah shalat bersama kami. Dalam dua raka'at pertama pada shalat zhuhur dan 'ashar, beliau membaca surat al-Fatihah dan surat yang lain, kadang-kadang pada keduanya beliau memperdengarkan bacaan ayat kepada kami, dan pada dua raka'at terakhir beliau hanya membaca surat al-Fathihah".
(Muslim II : 37)
 
287.    Bersumber dari Abu Sa'id al-Khudri ra bahwa dalam dua raka'at yang pertama dari shalat zhuhur, tiap raka'atnya Nabi SAW membaca kurang lebih tiga puluh ayat dan dalam dua raka'at yang terakhir kurang lebih lima belas ayat, atau separohnya itu. Dan, dalam dua raka'at pertama dari shalat ashar, tiap raka'atnya beliau membacanya kurang lebih lima belas ayat, sedang dalam dua raka'at terakhir, kurang lebih separohnya itu.
(Muslim II : 38)
 
Bacaan  Ayat  Dalam  Shalat  Maghrib
 
288.    Bersumber dari Ibnu Abbas ra, ia menyampaikan, sesungguhnya Ummu Fadhl binti Harits mendengar ia (Ibnu Abbas) membaca, 'WALMURSALAATI 'URFAA, maka Ummu Fadhl berkata, 'Wahai ananda, sungguh bacaanmu ini mengingatkanku ketika aku mendengar apa yang dibaca oleh Rasulullah SAW dalam shalat maghrib'.
(Muslim II : 40)
 
Ringkasan Shahih Muslim®

Tidak ada komentar: